Telp / SMS : 082231021343 / WhatsApp : 082231021343 kelvinhondasby@gmail.com Jam Kerja : SEN 08.00-17.00 WIB :
5 Hal yang Harus Dihindari Supaya Spion Honda Jazz Lebih Awet

5 Hal yang Harus Dihindari Supaya Spion Honda Jazz Lebih Awet

Merawat kaca spion adalah hal yang wajib dilakukan bagi pemilik mobil. Fungsi spion untuk banyak hal sangatlah penting dan tidak akan tergantikan perannya. Oleh karena itu, membiarkan spion rusak bisa dikatakan menjadi dosa terbesar bagi pemilik mobil.

Dalam merawat spion mobil Honda Jazz, ada beberapa hal yang harus kamu hindari. Jika kamu tidak mencegahnya, atau bahkan justru melakukan apa yang seharusnya tidak kamu lakukan, spion Honda Jazz milikmu pun akan rentan terhadap kerusakan. Kira-kira, apa saja hal yang harus dihindari dalam perawatan spion, terutama yang bertipe elektrik?

1. Membiarkannya Terkena Paparan Sinar Matahari

Saat mencuci mobil, terkadang rasanya sangat malas untuk langsung mengeringkan bagian yang memang harus dikeringkan sendiri. Makanya, tidak jarang pemilik mobil yang menjemur mobil di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Cara ini memang dapat membuat mobil cepat kering setelah dicuci. Namun, ada risiko yang harus kamu perhatikan dari cara instan ini, khususnya pada spion mobil.

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kaca spion dapat mempercepat proses oksidasi. Hal inilah yang dapat menimbulkan jamur serta noda yang sulit hilang. Untuk itulah kamu harus menghindari cara ini dan harus rajin mengelap kaca yang basah tepat setelah pencucian.

2. Membiarkan Jamur pada kaca spion

Seperti yang udah dibahas tadi, jamur pada kaca spion menjadi salah satu ketakutan utama pemilik mobil. Pasalnya, timbulnya jamur akan membuat kaca menjadi buram. Sekali buram, visibilitas pada kaca akan berkurang hingga dapat berbahaya bagi keselamatan pengendara jika dibiarkan terus menerus.

Selain pencegahan berupa mengelap langsung kaca yang masih basah setelah dicuci, ada juga cara mengatasi jamur jika sudah terlanjur timbul. Untuk menghilangkan jamur pada kaca, kamu harus mengelapnya dengan lap microfiber serta obat poles antijamur.

3. Basah hingga Menimbulkan Karat

Berkendara dengan mobil mau tidak mau membuat bodi dan seluruh bagian lain terkena air hujan. Komponen yang ada pada mobil memang dirancang khusus agar tahan dari air. Namun, tidak semua komponen bisa tetap berfungsi jika terkena air. Terlebih pada spion otomatis yang menggunakan sistem elektrik.

Sistem dan komponen elektrik pada spion otomatis kekinian memang tahan dengan air. Namun, tidak semuanya bisa menahan karat yang timbul akibat proses oksidasi. Sekali berkarat, motor penggerak pada sistem elektrik spion akan rusak hingga berpotensi membuat spion otomatis malfungsi.

4. Benturan Keras

Benturan kerap terjadi pada spion yang memang menjadi satu-satunya komponen yang rentan terkena kerusakan. Spion kadang dianggap ‘tidak ada’ saking kecil dan terlalu perhatiannya pemilik mobil pada bodi. Padahal, sangat rugi jika kamu terlalu ceroboh hingga membuat spion rusak.

Spion yang terkena benturan, khususnya yang menggunakan sistem elektrik atau otomatis, dapat membuat sistem penggerak rusak dan tidak bisa berfungsi lagi. Selain itu, benturan juga dapat merusak spion secara keseluruhan hingga semuanya copot dari bodi mobil.

Hal yang satu ini memang terbilang sulit untuk dihindari dalam berkendara. Sehati-hati apa pun kita saat berkendara, tidak bisa diketahui secara pasti kapan musibah akan datang. Satu hal yang pasti, jika kita tetap berhati-hati, peluang untuk celaka pun akan makin berkurang.

5. Melipat Spion Secara Paksa

Satu hal yang lagi-lagi tampak sepele bagi sebagian pengguna mobil, padahal efeknya akan terasa merugikan jika kamu melakukannya pada Honda Jazz. Melipat paksa secara manual dapat merusak sistem penggerak spion otomatis Honda Jazz kamu.

Sebagai pengendara, memarkir mobil di tempat umum kerap menjadi ketakutan tersendiri. Tidak hanya ketakutan akan dicuri, kerusakan pada spion juga menjadi perhatian utama. Juru parkir yang ada terkadang melipat spion secara paksa. Masalahnya, tidak semua spion otomatis dapat dilipat secara manual.

Untuk menghindarinya, biasakan melipat spion sendiri sebelum meninggalkan mobil. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah agar tetap melipatnya dari kemudi secara otomatis lewat tombol-tombol yang tersedia.

Sudah tahu, kan, hal-hal apa saja yang harus kamu hindari untuk menjaga spion Honda Jazz milikmu? Yuk mulai biasakan hindari hal-hal di atas agar kualitas spion tetap terjaga!

Related Post
0 Komentar

Stay Connected

VIsitor Counter

06787
Hari ini : 23
Kemarin : 18
Bulan ini : 290
Total Kunjungan : 6787
Who's Online : 1
6787